Tugas Kajian Seni Rupa dan Desain

 PENERAPAN SEMIOTIKA PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI


     Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. SEMIOTIKA berasal dari bahasa Yunani “Semeion”, yang berarti tanda. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign). Dalam pandangan Zoest, segala sesuatu yang dapat diamati atau dibuat teramati dapat disebut tanda. Dan tanda tidak terbatas pada benda (Zoest, 1993:18). 

     Pada penjelasan Semiotika diatas, sebenarnya tanpa kita sadari kita pasti pernah memakai Semiotika ini tapi kita seakan belum sadar, disini saya akan memberikan satu contoh penerapan Semiotika pada kehidupan diri saya sendiri.




     Gambar diatas ialah Tas Selempang, memang orang-orang melihat Tas Selempang ini ialah tas biasa aja, namun Tas Selempang ini memiliki suatu cerita dibaliknya yang membuat Tas Selempang ini menjadi sangat berarti bagi saya. Dari gambar gambar diatas kita bisa mengetahui tanda dari Tas Selempang ini ialah Tas Selempang pertama yang saya miliki, sebelumnya saya belum mempunyai tas selempang ini karena menurut saya itu apabila berpergian tas itu tidak terlalu penting, seiring berjalannya waktu saya mulai memahami kenapa orang-orang selalu membawa tas setiap mereka berpergian kemana pun, dan mulai memahami kesulitan apa yang saya rasakan apabila berpergian kemana pun membawa barang banyak tetapi tidak membawa tas.

     Dari hal itu saya mengumpulkan duit uang saku saya untuk membeli Tas Selempang, kenapa saya memilih Tas Selempang? karena menurut saya Tas Selempang itu keliatan simple, kecil tapi tas ini dapat bermanfaat dibawa kemana pun, dengan ukuran itu membuat saya sangat berkeinginan membeli Tas Selempang.

    Jika pemaparan diatas mengenai tanda dari Tas Selempang diatas yang berukuran kecil, simple, dan sangat bermanfaat, ada juga tanda lain yang bisa kita liat digambar diatas ialah warnanya. Kenapa Tas Selempangnya harus berwarna full hitam, karena selain saya menyukai warna Biru dan Putih saya juga menyukai warna Hitam, kerena warna Hitam itu warna yang selalu masuk dan pas ke warna apapun yang kita pakai, tidak bertabrakan.

    Setelah kita membaca penjelasan diatas, apabila tanda-tanda tersebut disusun berdasarkan segitiga makna yang dikemukakan oleh C.S Peirce yang terdiri dari tanda ( sign ), object dan Interpretant, maka dapat disimpukan bahwa satu objek ini bisa mempunyai lebih dari satu tanda.


  Apabila segitiga diatas disusun berdasarkan penjelasan diatas ialah seperti gambar dibawah ini:



   Tas Selempang sebagai objeknya dapat ditandai dengan penyebutan "Tas" yang dapat berfungsi sebagai tempat memnyimpang barang untuk berpergian,  bisa juga ditandai dengan ukurannya yang sedang karena sangat simple untuk dibawa kemana pun dan tidak terlalu kesulitan dalam menyimpannya. Adapun Tas Selempang sebagai objek yang ditandai dengan warna full hitam karena sangat berguna untuk penambah penampilan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KAJIAN DAN SENI RUPA

TUGAS KAJIAN SENI RUPA DAN DESAIN

Tugas Kajian Seni Rupa dan Desain